Penulis / NIM
SARTIKA AHMAD / 151410032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sartika Ahmad. 2016. Skripsi. Meningkatkan Kemampuan Siswa Memperagakan Tari Kreasi Baru Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Kemampuan Siswa Memperagakan Tari Kreasi Baru Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memperagakan Tari Kreasi Baru Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil kemampuan siswa memperagakan tarian pada siklus I dari 20 jumlah siswa secara keseluruhan yang mampu terdapat 10 siswa atau 50% yang kurang mampu terdapat 8 siswa atau 40 % dan yang tidak mampu terdapat 2 siswa atau 12% sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi sejumlah 17 siswa yang mampu dan yang tidak mampu terdapat 3 siswa atau 15 %. Sehingga terdapat peningkatan sebesar 35 % dari siklus I ke siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan Kemampuan Siswa Memperagakan Tari Kreasi Baru Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Kemampuan, Tari, Kreasi, Demonstrasi
Download berkas