Penulis / NIM
SRI HARIATI ALI / 151410033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Sri Hariati Ali. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan pelaksanaan penelitian ini yakni untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu siswa kelas III yang berjumlah 36 orang. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tehnik observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada hari senin 11 mei 2015. Hasil penelitian berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara menjelaskan bahwa penerapan model pembelajaran examples non examples yang diterapkan guru dalam kelas khususnya mata pelajaran IPA telah terlaksana dengan baik dan dapat membuat siswa lebih memahami mata pelajaran yang diajarkan sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih baik atau meningkat.
Kata kunci: Pembelajaran, Kooperatif, examples non examples, hasil belajar,
IPA
Download berkas