Penulis / NIM
ANDIKA MOKOGINTA / 151410035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Andika Mokoginta, 2014. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Mata Kuliah Pembelajaran SAINS Di JurusanPGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam matakuliah pembelajaran SAINS di Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen di jurusan PGSD fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo, untuk mengetahui kesesuaian metode eksperimen dalam mata kuliah SAINS di PGSD sekaligus untuk mengetahui apakah sudah maksimal penerapan metode eksperimen dalam mata kuliah SAINS di PGSD. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam mata kuliah SAINS di PGSD sudah maksimaldosen sudah menerapkan metode pembelajaran eksperimen dalam mata kuliah pembelajaran SAINS di PGSD, sehingga dosen tersebut mampu menyesuaikan maupun memaksimalkan metode eksperimen dalam pembelajaran SAINS dan hal ini sangat membantu mahasiswa khususnya mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD dan nantinya akan menjadi guru. Oleh karena itu, kreatifitas dosen pemberi mata kuliah dalam menyesuaikan metode eksperimen agar lebih ditingkatkan lagi pada mata kuliah pembelajaran SAINS di pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) FIP UNG, tujuannya untuk memaksimalkan penerapan metode eksperimen dalam mata kuliah SAINS di PGSD, sekaligus untuk mengetahui kesesuaian metode eksperimen dalam mata kuliah SAINS di PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Kata Kunci : Eksperimen, Pembelajaran, Sains
Download berkas