Penulis / NIM
TRI SUTRISNO MALAH / 151410036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Tri Sutrisno Malah, 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SDN 1 Molinow Kota Kotamobagu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan melalui di kelas IV di SDN 1 Molinow Kota Kotamobagu akan meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN 1 Molinow Kota Kotamobagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif melalui wawancara, obserfasi, tes, dan studi dokumentasi yang diakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa deskripsi upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN 1 Molinow Kota Kotamobagu yaitu meliputi Sikap Profesional Guru dalam proses Pembelajaran seperti Keseriusan guru dalam proses pembelajaran, Kreatifitas Guru dalam Proses Pembelajaran, Memberikan refleksi Kepada siswa disaat Proses Pembelajaran, Meningkatkan Kepercayaan diri kepada siswa, dan Memberikan Tes kepada siswa
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN 1 Molinow Kota Kotamobagu yaitu dengan adanya sikap profesional dari guru dapat menimbulkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika khususnya pada materi pecahan
Kata Kunci : Upaya Guru, Hasil Belajar, Pecahan
Download berkas