SKRIPSI

Penulis / NIM
NURWAFA WAFIAH MUHARAM / 151410037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Nurwafa Wafiah M. 2014. Implementasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran PKn di SDN 4 Bongomeme Kecamatan Bongomeme. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar M.Pd dan pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag., MA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 4 Bongomeme, (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 4 Bongomeme, (3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 4 Bongomeme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kualitatif, dengan hasil penelitian yaitu, sguru harus mengetahui langkah-langkah model pembelajaran STAD, memberikan motivasi disela-sela kegiatan pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung, serta menyajikan pelajaran secara menarik. Dalam mengimplementasikan model pembelajaran STAD juga menemui beberapa kendala antara lain Siswa terlalu ribut, sulit mengatasi karakter peserta didik yang berbeda-beda selama proses pembelajaran berlangsung, siswa berjalan-jalan di dalam kelas, siswa tidak tepat waktu dalam menyelesaikan LKS dalam kelompok serta terbatasnya waktu. Dari kendala-kendala yang diuraikan tersebut ada juga beberapa upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi seperti memberikan nasehat atau arahan kepada siswa agar lebih fokus belajar dan siswa yang bandel atau susah diatur dijadikan sebagai ketua kelompok. Kemudian untuk mengatasi masalah waktu dapat dilakukan dengan membagi kelompok sebelum jam pelajaran dimulai, serta memberi rentang waktu untuk tugas yang diberikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model STAD merupakan model pembelajaran yang mudah dan gampang karena guru tidak perlu menjelaskan materi berulang-ulang, siwa yang belum mengerti dapat bertanya kepada siswa yang telah mengerti dengan materi pelajaran yang disajikan oleh guru. Kata kunci : Model Pembelajaran STAD
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011