Penulis / NIM
FATRIS E. HARUN / 151410041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Fatris E. Harun. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Air Di Kelas V SDN 14 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing 1 Dr. Sukirman Rahim, M. Si. Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M. Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audiovisual dan tidak menggunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design yaitu membagi sampel menjadi 2 kelompok masing-masing kelompok eksperimen yang dikenai perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak dikenai perlakuan. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 14 Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 13 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen Tes.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu " Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual dan yang tidak menggunakan media audio visual". Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar siswa melalui posttest yaitu dengan rata-rata skor nilai pada kelas eksperimen mencapai 69,85 dan kelas kontrol mencapai 65,14. Uji hipotesis menggunakan uji t yaitu sebesar thitung = 0,80 dan ttabel 2,06. sehingga thitung < ttabel = 0,80 < 2,06. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menngunakan media audio visual dan tidak menggunakan media audio visual.
Kata Kunci : Media Audiovisual, Hasil Belajar
Download berkas