Penulis / NIM
SRI YOLANDRIS TANGAHU / 151410042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yolandris Tangahu. 2014. Deskripsi Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kurangnya Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Ismail Pioke S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah penelitian ini adalah "Bagaimana deskripsi faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya aktivitas siswa pada pembelajaran matematika di SDN 77 Kota Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya aktivitas siswa pada pembelajaran matematika di SDN 77 Kota Tengah.
hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil angket dari data hasil pantauan siswa yang mencakup pada indikator alat pelajaran terdapat 50% atau 5 responden yang menjawab kadang-kadang guru menggunakan media pada saat pembelajaran, 40% atau 4 responden yang menjawab kadang-kadang di saat menggunakan media siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan aktif. Sedangkan hasil angket dari data hasil pantauan guru dari jawaban angket guru dimana alat pelajaran dilihat dari 50% atau 3 responden yang menjawab kadang-kadang siswa memiliki minat dan keinginan saat guru memberikan pembelajaran matematika
Jadi peneliti menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya aktivitas siswa pada pembelajaran matematika di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo yaitu pertama faktor sekolah terdiri dari alat pelajaran yang di gunakan guru dan kedua faktor siswa terdiri dari minat siswa terhadap pelajaran matematika.
Kata kunci : Pembelajaran, Matematika, Aktivitas, Faktor-faktor Yang Menyebabkan.
Download berkas