Penulis / NIM
TITIN YUNUS / 151410045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
TITIN YUNUS. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menjumlah Bilangan Asli Secara Bersusun Dengan Menggunakan Media Kantong Angka Pada Siswa Kelas III SDN I Talumelito Kelas Jauh Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S-I PGSD Jurusan Pendidikan Guru SD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Yang menjadi permasalahan pada Skripsi ini adalah: Apakah keterampilan menjumlah bilangan asli secara bersusun dapat ditingkatkan dengan menggunakan media kantong angka pada siswa kelas III SDN I Talumelito Kelas Jauh Kecamatan Telaga Biru? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menjumlah bilangan asli dengan menggunakan media kantong angka pada siswa kelas III SDN I Talumelito Kelas Jauh Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yakni siswa kelas III SDN I Talumelito Kelas Jauh yang berjumlah 13 orang terdiri 7 putra dan 6 putri. Peenelitian ini diawali dengan observasi awal dengan menggunakan 2 siklus yang meliputi tahap persiapan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian pada Siklus I dari jumlah siswa 13 orang yang memperoleh nilai 7.0 Ke atas berjumlah 6 orang atau 46%, sedangkan yang memperoleh nilai 7.0 ke bawah berjumlah 7 orang atau 54%. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan sehingga ditindak lanjuti pada Siklus II dari jumah siswa 13 orang yang mendapatkan nilai 70 ke atas berjumlah 10 orang atau 77% dan yang mendapatkan nilai 70 ke bawah berjumlah 3 orang atau 23%. Kegiatan siklus II merupakan kegiatan yang terakhir dan tidak perlu adanya tindakan lanjut pada siklus berikutnya, karena indikator pada penelitian telah dicapai yakni minimal 75% siswa kelas III SDN I Talumelito Kelas Jauh dikenai tindakan memperoleh nilai 70 ke atas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kantong angka, keterampilan menjumlah bilangan asli secara bersusun pada siswa kelas III SDN I Talumelito Kelas Jauh Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Keterampilan Menjumlah, Bilangan Asli, Media Kantong Angka.
Download berkas