Penulis / NIM
YUYINTA RAUF / 151410048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Yuyinta Rauf, 2014. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag. MA.
Adapun permasalahan dalam penelitian adalah "Bagaimana Efektivitas penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran Pkn di SDN 24 Bongomeme, dan Bagaimana solusi guru dalam megatasi masalah ketika menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo."
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan Efektivitas penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran Pkn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo, dan untuk menggambarkan solusi guru dalam mengatasi masalah ketika menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru telah menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme akan tetapi di kelas awal belum efektif sedangkan pada kelas tinggi sudah efektif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo belum efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Model STAD
Download berkas