Penulis / NIM
ELVIE ZULAIHA / 151410057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
Elvie Zulaiha. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Round Table Pada Siswa Kelas II SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan adalah "Apakah penggunaan model round table dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan di Kelas II SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo?" Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan model round table di Kelas II SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian observasi, wawancara dan pembahasan dapat diperoleh hasil pengamatan pada siklus I tentang peningkatan kemampuan siswa Kelas II SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dalam membaca permulaan hanya mencapai 7 siswa (33%) dari jumlah siswa sebanyak 21 orang. sementara pada siklus II mencapai 18 siswa (86%). Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan siswa dalam membaca permulaan dengan menggunakan kalimat sederhana melalui model round table meningkat sebesar 53%.
Kesimpulan peneliti adalah Model Round Table sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan di kelas II SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Round Table
Download berkas