Penulis / NIM
YUNITA H. BINGGO / 151410062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Yunita Hajir Binggo, 2014. Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Di SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I). Prof. Dr. H. Abd Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, (II) Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Dengan tujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum sepenuhnya menjalankan perannya sebagai motivator, pembimbing dan mediator. Sebagai motivator guru jarang memberikan motivasi untuk mendorong semangat belajar peserta didik. Sebagai pembimbing guru tidak sepenuhnya membimbing siswanya yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Sebagai mediator guru jarang menggunakan media pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran seadanya namun tidak menarik, sehingga siswa masih belum dapat memahami materi yang diajarkan. Fasilitas yang diberikan cukup baik dalam menunjang pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam memotivasi belajar siswa di SDN 7 Limboto Barat belum optimal.
Kata-kata kunci : peran guru, memotivasi belajar siswa.
Download berkas