Penulis / NIM
RINAWAN RATIH HASAN / 151410064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Rinawan Ratih Hasan. 2014. Kemampuan Siswa Meringkas Isi Teks Bacaan di Kelas V SDN 10 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Penelitian ini bermaksud untuk untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa meringkas isi teks bacaan di kelas V SDN 10 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Untuk menjaring data tentang kemampuan siswa dalam meringkas isi teks bacaan peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan teknik studi dokumenter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga data yang terkumpul baik melalui observasi, wawancara dan dokumen-dokumen kemudian digambarkan dalam bentuk kata-kata dengan terlebih dahulu menganalisis secara tajam terhadap data yang dikumpulkan. Hasil penelitian data diperoleh bahwa siswa yang dinyatakan mampu meringkas isi teks bacaan berdasarkan kriteria penilaian kesesuaian isi ringkasan dengan isi teks, struktur kalimat ringkasan dan penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar hanya sebanyak 7 orang atau sebesar 25,92%, dan yang dinyatakan kurang mampu dan tidak mampu sebanyak 20 siswa atau sebesar 74,07 %.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa meringkas isi teks bacaan di kelas V SDN 10 Batudaa Kabupaten Gorontalo masih tergolong rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Meringkas, Teks Bacaan
Download berkas