Penulis / NIM
MARLIN MAHAJANI / 151410065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Marlin Mahajani. 2014, Kemampuan Guru Dalam Mengelola Sumber Belajar Di MIM Tapadaa Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, M.Pd. Pembimbing II. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini tentang "Bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola sumber belajar di MIM Tapadaa Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo?". Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola sumber belajar di MIM Tapadaa Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola sumber belajar yang tersedia di MIM Tapadaa Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, masih terdapat guru yang jarang mengelola sumber belajar yang ada. Dari data pengamatan peneliti terdapat hanya 42% guru "sering" menyediakan dan mengelola sumber belaja,atau dapat dikatakan bahwa guru tersebut sudah mampu dalam mengelola sumber belajar. Sementara posisi "jarang" penyediaan dan pengelolaan sumber belajar 50%, yang berarti bahwa guru tersebut belum mampu dalam mengelola sumber belajar. Sedangkan tidak pernah 8%, dikatakan tidak pernah berarti guru tersebut tidak mampu dalam mengelola sumber belajar.
Kata Kunci : Kemampuan guru, Mengelola Sumber Belajar.
Download berkas