Penulis / NIM
YENI ABUDI / 151410068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
YENI ABUDI. 2014. Meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi
melalui pendekatan kontekstual di kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten
Gorontalo. Skripsi, Program studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I
Drs.H.Haris Mahmud,S.Pd,M.Si dan Pembimbing II, Wiwy Triyanty Pulukadang,
S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa kelas V SDN
1 Limboto Barat dalam menggambar ilustrasi dapat ditingkatkan melalui
pendekatan kontekstual ?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan siswa kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dalam
menggambar ilustrasi melalui pendekatan kontekstual. Aspek yang dinilai dalam
penelitian ini adalah penggunaan alat/media gambar, kemampuan memberi warna,
kesesuaian tema dengan gambar dan kerapian gambar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Karakteristik subjek penelitian ini adalah 20
orang, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan
penelitian, pada observasi awal persentase siswa yang mampu 30% atau 6 siswa
dan persentase siswa yang tidak mampu yaitu 70% atau 14 siswa. Siklus I
persentase siswa yang mampu adalah 13 siswa atau 65% dan meningkat pada
siklus II dengan persentase 90% atau 18 siswa, sedangkan persentase siswa yang
tidak mampu pada siklus I adalah 35% atau 7 siswa dan pada siklus II persentase
siswa yang tidak mampu adalah 2 siswa atau 10%.
Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan
kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi di kelas
V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Kemampuan, Menggambar Ilustrasi, Pendekatan Kontekstual.
Download berkas