Penulis / NIM
NURLAILA H. DENGO / 151410071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Nurlaila H. Dengo. 2012. Media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 2 Toyidito Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Hj Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa menulis karangan melalui media gambar seri di kelas III SDN 2 Toyidito Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas III SDN 2 Toyidito Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dn refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 19 orang siswa yang dikenakan tindakan, 14 orang atau 74% memiliki kemampuan menulis karangan. Prosentase ini meningkat pada siklus II. Dari 19 orang siswa yang dikenakan tindakan, 17 orang siswa atau 89% memiliki kemampuan menulis karangan.
Dari hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media gambar seri meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 2 Toyidito Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Menulis Karangan, Media Gambar Seri
Download berkas