Penulis / NIM
MERLINDA UMAR / 151410072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Merlinda Umar, 2014. Studi Tentang Kemampuan Menentukan Hasil Pengurangan Pecahan Biasa Di SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing I, Dra.Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II, Dra.Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan biasa di SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo?". Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan biasa di SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah Tes, Dokumentasi dan Wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan biasa yang dilakukan di SDN 9 Batudaa berfokus di kelas IV, ada 12 orang siswa atau 57.1% mampu menentukan KPK dengan benar, sedangkan 16 orang siswa atau 76.1% mampu menentukan hasil pengurangan pecahan biasa dan termasuk dalam kategori mampu dengan perolehan nilai dari 70-100. Sedangkan 5 orang siswa atau 23.8 % yang termasuk dalam kategori kurang mampu dengan perolehan nilai dari 60-69. Siswa yang kurang mampu tidak dibiarkan guru begitu saja tetapi diberikan tugas-tugas dan menjelaskan kembali materi pengurangan pecahan biasa untuk memantapkan materi tersebut. Dengan persentase tersebut membuktikan bahwa siswa kelas IV sudah mampu menentukan hasil pengurangan pecahan biasa atau sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM).
Kata Kunci : Kemampuan, Menentukan , Pengurangan, Pecahan biasa
Download berkas