Penulis / NIM
HARIYANTI U. ARIF / 151410074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Hariyanti U. Arif. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Materi Introducing Self Melalui Model Think Pair Share di Kelas IV SDN 2 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran melalui model think pair share untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 2 Tibawa dalam materi introducing self.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah terjadi peningkatan kemampuan 70% siswa pada materi introducing self melalui model think pair share.
Berdasarkan data yang diperoleh dari pembelajaran yang dilakukan pada observasi awal, hanya 6 orang atau 30% dari 20 siswa yang mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan. Pembelajaran siklus I setelah memperoleh tindakan melalui model think pair share, dari 20 siswa, terdapat 11 orang atau 55% mengalami peningkatan, dan pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan sejumlah 18 siswa atau 90% mencapai ketuntasan dan juga indikator kinerja yang ditetapkan. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model think pair share dapat meningkatan kemampuan siswa kelas IV SDN 2 Tibawa pada materi introducng self.
Kata kunci: Introducing self, model think pair share
Download berkas