Penulis / NIM
NIRMALA ALI / 151410075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Nirmala Ali, 2014 "Analisis Masalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran PKn Di SDN 15 Bongomeme Kabupaten Gorontalo". Skripsi 2014 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dra Elmia Umar M.pd, dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut (1) Apa saja masalah penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PKn di SDN 15 Bongomeme? (2) Bagaimana guru mengatasi rendahnya aktifitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PKn di SDN 15 Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui masalah penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PKn di SDN 15 Bongomeme Kabupaten Gorontalo, (2) Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDN 15 Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan keadaan sebenarnya dengan harapan memberikan gambaran yang jelas tentang masalah penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PKn di SDN 15 Bongomeme kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PKn di SDN 15 Bongomeme Kabupaten Gorontalo akan tetapi ada sebagian siswa yang masih belum aktif dalam pembelajaran karena belum memahami langkah-langkah model pembelajaran kooperatif.
Kata Kunci : Analisis Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif
Download berkas