Penulis / NIM
						SITI SARA DETU / 151410080
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
						Pembimbing 2 / NIDN
						WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
						Abstrak
						Siti Sara Detu, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Membaca Pantun Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif learning dalam membaca pantu pada siswa kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pemebelajaran kooperatif learning dalam membaca pantun pada siswa kelas IV SDN 3 batudaa Kabupaten Gorontalo. 
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode dekriptif yaitu untuk memperoleh gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif learning dalam membaca pada siswa kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorotalo. Berdasarkan hasil penelitian penerpan model pembelajaran kooperatif learning dari 20 siswa secara keseluruhan  60 % atau 12 orang siswa yang sangat baik, sedangkan yang mencapai kriteria baik 25 % atau 5 orang siswa dan tidak baik 15 % atau 3 orang  siswa. 
Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning baik diterapkan dalam membaca pantun di kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Membaca, Pantun, Kooperatif Learning
						Download berkas