Penulis / NIM
ERNI LADUYO / 151410084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Erni Laduyo. 2015. Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I., M.H.I
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. (2) Apakah guru memiliki kendala dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ? (3) Apakah solusi untuk mengatasi kendala kemampuan guru?
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan Guru Dalam Menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. (2) Untuk mendeskripsikan kendala dalam penerapan model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw.(3) Untuk mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala kemampuan guru dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw..Penulisan penelitian ini menggunanakan pendekatan kualitatif menggambarkan secara deskriptif kemampuan guru dalam menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Analisis diperoleh dari pengamatan, wawancara, serta dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan diperoleh bahwa guru sudah mampu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini dapat disimpulkan dalam melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien baik dalam penggunaan media, pengembangan materi, dan menerapkan metode maupun model pembelajaran sudah menunjukkan hasil yang maksimal sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran
Kata Kunci : Kemampuan Guru, Kooperatif Tipe Jigsaw.
Download berkas