SKRIPSI

Penulis / NIM
ERNI LADUYO / 151410084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Erni Laduyo. 2015. Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I., M.H.I Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. (2) Apakah guru memiliki kendala dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ? (3) Apakah solusi untuk mengatasi kendala kemampuan guru? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan Guru Dalam Menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. (2) Untuk mendeskripsikan kendala dalam penerapan model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw.(3) Untuk mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala kemampuan guru dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw..Penulisan penelitian ini menggunanakan pendekatan kualitatif menggambarkan secara deskriptif kemampuan guru dalam menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Analisis diperoleh dari pengamatan, wawancara, serta dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan diperoleh bahwa guru sudah mampu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dapat disimpulkan dalam melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien baik dalam penggunaan media, pengembangan materi, dan menerapkan metode maupun model pembelajaran sudah menunjukkan hasil yang maksimal sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran Kata Kunci : Kemampuan Guru, Kooperatif Tipe Jigsaw.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011