Penulis / NIM
APRIYANTI IBRAHIM / 151410091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Apriyanti Ibrahim. 2014. "Penerapan Kontekstual Questioning dan Modeling dalam Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah " Bagaimana Penerapan Kontekstual Questioning dan Modeling dalam Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo ?". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kontekstual questioning dan modeling dalam menulis puisi siswa kelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi informan adalah guru wali kelas dan siswa kelas V yang berjumlah 28 orang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menulis puisi dapat diterapkan secara Kontekstual Questioning dan Modeling. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya persentasi angket untuk siswa memperoleh rata-rata 81%, Wawancara terstruktur untuk guru memperoleh 87,5%, sedangkan observasi memperoleh rata-rata 91%. Sehingga dapat disimpulkan dari keseluruhan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penerapan kontekstual questioning dan modeling memperoleh perolehan 91% yang termasuk pada klasifikasi baik. Sedangkan menulis puisi dengan hasil perolehan 82% yang termasuk pada klasifikasi baik.
Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual Questioning dan Modeling, Menulis Puisi
Download berkas