Penulis / NIM
MISNAWATI R. ISA / 151410092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Misnawati R. Isa. Nim 151410092. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi 2014. Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Ismail Pioke S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika di SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika di SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa di SDN 1 Batudaa Pantai sudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan mereka menerapkannya sudah sesuai dengan langkah-langkah penerapannya. Adapun penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yakni : (1) guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang hetorogen, (2) memberikan sub materi yang berbeda untuk tiap individu dalam kelompok, (3) mempertemukan mereka ke kelompok ahli, (4) memberikan kesempatan kepada mereka untuk memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru, (5) setelah itu mengembalikan mereka ke kelompok asal, (6) memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengajarkan materi yang telah dibahas di kelompok ahli ke teman-teman sekelompoknya, (7) guru memberikan kuis individu.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini sangat membantu guru dalam pembelajaran matematika. Karena siswa dapat memahami setiap materi yang diberikan oleh guru, selain itu proses pembelajaran akan lebih menarik sebab siswa dapat memecahkan sendiri permasalahan yang mereka temukan. Dengan demikian siswa lebih percaya diri akan kemampuan dirinya.
Kata Kunci : Deskripsi, Penerapan, Model Pembelajaran Jigsaw, Matematika
Download berkas