SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUSTINA DEWI WIJI LESTARI / 151410100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Agustina Dewi Wiji Lestari, 2012. Penerapan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang benda terapung, tenggelam dan melayang pada kelas IV SD Inpres Mootilango. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IV SD Inpres Mootilango, khususnya dalam pemahaman tentang benda terapung, tenggelam dan melayang” karena belum dapat dikatakan memadai. Rendahnya kemampuan siswa dalam hal ini, mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas ini. Dalam melakukan penelitian tindakan kelas, penulis menggunakan pendekatan yang bervariasi, seperti pendekatan ceramah, tanya jawab, penugasan dan sebagaimana yang dikombinasikan dalam kegiatan pembelajaran, namun penulis lebih menekankan kepada penggunaan pendekatan inkuiri. Melalui pendekatan inkuiri, pemahaman siswa mengenai benda terapung, melayang dan tenggelam dapat meningkat, khususnya bagi siswa kelas IV SD Inpres Mootilango. Pendekatan yang digunakan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang benda terapung, melayang dan tenggelam, sehingga siswa tidak akan mengalami kesulitan dalam memaham materi sains di kelas tinggi berikutnya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pemahaman siswa tentang benda terapung, melayang dan tenggelam meningkat dengan pendekatan inquiri.Hal ini terlihat dari hasil akhir yang diperoleh dalam siklus I dan II aitu melebihi indikator yang diterapkan yaitu 80 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa benda terapung, melayang dan tenggelam dapat meningkat melalui pendekatan inquiri. Kata Kunci : Pemahaman siswa dengan Pendekatan Inquiri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011