Penulis / NIM
ARIF SUHARTO / 151410102
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Arif Suharto. 2014. Peran Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 11 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris Panal, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPA di SDN 11 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, dan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPA di SDN 11 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian guru sudah mengerti dan menerapakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPA dengan baik meskipun ada sedikit masalah karena model pembelajaran Numbered Heads Together baru pertama kali di terapkan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru menguasai materi pelajaran serta model pembelajaran yang digunakan, menyediakan media pembelajaran berupa gambar. guru menciptakan suasana kelas yang kondusif, guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk mengaktifkan siswa agar siswa cepat memahami materi yang di jelaskan, guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta membimbing dan memberikan pengayaan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar, guru memberikan penghargaan berupa tepuk tangan kepada kelompok terbaik untuk membangkitkan motivasi siswa, guru memberikan evaluasi berupa LKS kepada seluruh siswa.
Kata Kunci : Peran Guru, Pembelajaran IPA
Download berkas