Penulis / NIM
RAHMIYATI HARMANIS / 151410105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Rahmiyati Harmanis.2015. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 01 Limboto Barat. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H Haris Mahmud S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 01 Limboto Barat Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo ? . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 01 Limboto Barat Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang kualitatif yaitu Penerapan Model PembelajaranKooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 01 Limboto Barat hasil penelitian berdasarkan wawancara serta dokumentasi.kemampuan guru sudah seperti yang di harapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang terdapat ditemuan umum dan khusus.Simpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) tersebut sangatlah membantuuntukmengaktifkan siswa sehingga pembelajaran dapat menyenangkan, membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan melatih siswa untuk mandiri dalam mengemukakan pendapatnya.
Kata kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share.
Download berkas