Penulis / NIM
NURMIN MUDIN KASIM / 151410107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Nurmin Mudin Kasim. 2014, Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si. pembimbing II. Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.Hi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana proses belajar mengajar dalam kelas, Apakah yang menyebabkab siswa mengalami kesulitan belajar dan Bagaimana solusi yang dapat diberikan pada siswa berkesulitan belajar". Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui proses belajar mengajar dalam kelas, untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan belajar dan untuk memberikan solusi pada siswa yang berkesulitan belajar di Kelas V SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, para siswa merasa bosan dengan rutinitas sekolah. Mereka berfikir bahwa belajar adalah suatu hal yang sangat membosankan. Terkait dengan wawancara guru mengenai Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas V SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo yaitu kemampuan guru dalam proses belajar mengajar masih kurang. Hal ini terlihat dari observasi guru didalam pembelajaran yang belum bisa memanfaatkan dengan baik kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa diagnosis kesulitan belajar siswa di kelas V SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo pada mata pelajaran IPS yaitu prestasi belajar peserta didik masih rendah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh cara guru mengajar yang membuat para siswa bosan berada dalam kelas.
Kata kunci : Dagnosis, Kesulitan Belajar
Download berkas