Penulis / NIM
FITRIANTI HASAN / 151410108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Fitrianti Hasan. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas IV SDN 13 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd., dan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
Rumusan penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca intensif siswa di kelas IV SDN 13 Bongomeme kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca intensif siswa di kelas IV SDN 13 Bongomeme.
Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca intensif siswa. Untuk faktor internal dapat dilihat dari kurangnya motivasi siswa untuk memberikan pertanyaan kepada guru saat guru sedang menjelaskan materi pembelajaran. Dan dari faktor eksternal dapat dilihat dari : kurangnya kunjungan siswa ke perpustakaan sebagai salah satu sarana membaca, kurang kondusifnya ruang kelas sebagai fasilitas membaca untuk mendukung kegiatan membaca yang baik, kurangnya kebiasaan membaca siswa saat berada di rumah, lingkungan rumah yang kurang mendukung untuk terciptanya kegiatan membaca yang baik, dan kurangnya dukungan lingkungan keluarga/orang tua terhadap kegiatan membaca di rumah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca intensif siswa, baik dari faktor internal dan faktor eksternal.
Kata kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi, kemampuan siswa, membaca intensif
Download berkas