Penulis / NIM
IRMAYANI HALIM / 151410113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Irmayani Halim,2014. Persepsi Guru Tentang Medol-Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran PKn Di SDN 15 Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar,M.Pd dan pembimbing dua Nurhayati Tine, S.Pd.I MHI
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana persepsi guru tentang model-model pembelajaran kooperatif SDN 15 Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi guru tentang model-model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PKN di SDN 15 Limboto Barat.
Pada penelitian guru di SDN 15 Limboto Barat pada umumnya guru di sekolah ini sudah memahami dan sudah menggunakan model pembelajaran akan tetapi masih ada beberapa yang masih kurang dipahami langkah-langkah pembelajarannya. 6 dari 7 guru di sekolah ini menganggap STAD adalah model yang mudah digunakan akan tetapi masih ada 1 guru yang mengatakan STAD masih sulit di gunakan dikelas rendah.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 15 limboto barat pada umumnya sudah menggunakan model pembelajaran kooperatif di SDN 15 Limboto barat kabupaten gorontalo. Akan tetapi Dari beberapa model tersebut masih ada model-model yang masih sulit digunakan.
Kata kunci : Persepsi dan model-model pembelajaran kooperatif
Download berkas