Penulis / NIM
SRI ATIKAWATI BEU / 151410114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Sri Atikawati Beu. 2014. Studi Tentang Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Matematika di SDN 9 Batudaan Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd M.Si dan Pembimbing II Ismail Pioke, S,Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kendala apa saja yang dihadapi guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika di SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika di SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tehnik pengumpulan data yaitu angket, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya kendala yang sering dihadapi guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika yaitu, pertama keterbatasan media, kedua daya pikir siswa yang masih lambat menyerap/mengausai materi pada pembelajaran matematika, ketiga yakni ketidakmampuan siswa dalam menggunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada beberapa kendala yang dihadapai guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika yaitu yang pertama keterbatasan media, kedua daya pikir siswa yang masih lambat menyerap/menguasai materi pada pembelajaran matematika, ketiga yakni ketidakmampuan siswa dalam menggunakan media, keseluruhan kendala ini tentunya termasuk pada indikator yang sudah ditentukan sebelumnya. Faktor-faktor inilah yang menjadi kendala guru yang ada di SDN 9 Batudaa dalam menggunakan media pembelajaran matematika.
Kata kunci: Kendala, Media, Pembelajaran, Matematika
Download berkas