Penulis / NIM
FATRIA NINGSI MAKU / 151410116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Fatria Ningsi Maku. 2015. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Metode Sas Di Kelas I SDN 05 Tilango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun,M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd,M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan di kelas I dapat ditingkatkan melalui metode SAS ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan melalui metode SAS di kelas I SDN 05 Tilango Kabupaten Gorontalo . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil aspek membaca pada siklus I meningkat sejumlah 7 orang siswa atau 30% , sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi sejumlah 19 orang siswa atau sebesar 83%. Pada aspek menulis pada siklus I meningkat sejumlah 10 orang siswa atau 43 % , sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi sejumlah 20 orang siswa atau sebesar 87% Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan Kemampuan Siswa Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Metode SAS di kelas I SDN 05 Tilango Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci: Membaca, Menulis Permulaan, Metode SAS.
â
Download berkas