Penulis / NIM
VIVI A. SUGEHA / 151410117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Vivi A. Sugeha 2016. Kemampuan siswa berbicara dengan metode drill di kelas V SDN 3 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Evi Hasim S.Pd, M.Pd dan Pembibing II, Wiwy T. Pulukadang S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan bagaimanakah kemampuan siswa berbicara dengan metode drill di kelas V SDN 3 Telaga ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa berbicara dengan metode drill di kelas V SDN 3 Telaga. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian setelah dianalisis kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 3 Telaga yang sangat baik adalah 15% atau 3 orang siswa dan yang baik mencapai 65 % atau 13 orang siswa dan yang tidak baik 20% atau 4 orang siswa dari 20 siswa secara keseluruhan. Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di kelas V sangat baik diterapkan menggunakan Metode Drill karena dengan menggunakan metode drill siswa dilatih dalam berbicara sehingga siswa dapat menggunakan pilihan kata yang baik, keruntutannya serta kelancarannya dalam berbicara. Sehingga metode Drill sangat tepat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi SDN 3 Telaga.
Kata Kunci : Kemampuan, Berbicara, Metode Drill.
Download berkas