Penulis / NIM
INDAH CAHYANI SINUNG REJEKI MOKOGINTA / 151410118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Indah C.S.R.Mokoginta, 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1-PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, Selaku Pembimbing I dan Pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimanakah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, 2. Bagaimanakah hambatan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, 3. Bagaimanakah cara mengatasi hambatan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, 2. hambatan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, 3. cara mengatasi hambatan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan penerapan metode demonstrasi di Kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo khususnya materi gaya magnet sudah maksimal, guru sudah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, sehingga guru tersebut mampu memaksimalkan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dan hal ini sangat membantu guru dalam mengatasi hambatan dalam penerapan metode demonstrasi serta membantu siswa sehingga aktivitas belajar siswa meningkat. Oleh karena itu, kreatifitas guru dalam menggunakan metode demonstrasi agar lebih ditingkatkan lagi pada mata pelajaran IPA SDN 1 Batudaa Pantai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru dapat memaksimalkan penerapan Metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci :Penerapan, MetodeDemonstrasi, Mata Pelajaran IPA
Download berkas