SKRIPSI

Penulis / NIM
DESY NATALIA ABDULLAH / 151410121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Desy Natalia Abdullah, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Pada Materi Pokok Berorgansasi Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Kecil Dikelas V SDN No. 36 Kota Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.i, M.Hi Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode kerja kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pada materi pokok berorganisasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi pokok berorgansasi dengan menggunakan metode kerja kelompok kecil di kelas V SDN No. 36 Kota Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas V SDN No. 36 Kota Selatan. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 18 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai yang dicapai Dari 18 siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 12 siswa atau 66.67%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 6 siswa atau 33.33%. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 17 siswa atau 94.44%, sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 1 siswa atau 5.56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi pokok berorgansasi di kelas V SDN No. 36 Kota Selatan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kerja Kelompok Kecil
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011