Penulis / NIM
DESY NATALIA ABDULLAH / 151410121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Desy Natalia Abdullah, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Pkn Pada Materi Pokok Berorgansasi Dengan Menggunakan Metode
Kerja Kelompok Kecil Dikelas V SDN No. 36 Kota Selatan. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si Pembimbing II
Nurhayati Tine, S.Pd.i, M.Hi
Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode kerja
kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn
pada materi pokok berorganisasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi pokok berorgansasi dengan
menggunakan metode kerja kelompok kecil di kelas V SDN No. 36 Kota Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan di kelas V SDN No. 36 Kota Selatan. Karakteristik subyek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 18 orang terdiri dari 10
orang laki-laki dan 8 orang perempuan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I
dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan
yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun
aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data hasil
belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai yang dicapai Dari 18 siswa yang telah
mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 12 siswa atau 66.67%, sedangkan siswa
yang belum tuntas sebanyak 6 siswa atau 33.33%. Hasil belajar siswa pada siklus II
menunjukkan bahwa Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 17 siswa atau
94.44%, sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 1 siswa atau 5.56%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
metode kerja kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn pada materi pokok berorgansasi di kelas V SDN No. 36 Kota
Selatan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kerja Kelompok Kecil
Download berkas