Penulis / NIM
ASNA G. DOYO / 151410122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Asna G Doyo. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Deskripsi Benda di Kelas 2 SDN 2 Molingkapoto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. dan Pembimbing II Wiwy T Pulukadang,S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan deskripsi benda dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II SDN 2 Molinggapoto?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara melalui mendeskripsikan benda.
Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode peneltian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara dalam mendeskripkan benda pada siswa kelas II SDN 2 Molingkapoto, Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan.
Dari hasil penelitian tindakan kelas pada observasi awal diperoleh data, dari jumlah siswa 30 orang yang dikenai tindakan hanya 7 orang siswa atau 23% sudah dapat dikatakan mampu mendeskripsikan benda, sedangkan pada siklus I diperoleh data , dari jumlah siswa 30 orang yang dikenai tindakan hanya 16 orang (53%) yang memiliki kemampuan mendeskripsikan benda. Dan pada siklus II meningkat menjadi 26 orang (89%) atau dikatakan sudah memiliki kemampuan mendeskripsikan benda.
Kata Kunci : Berbicara melalui deskripsi benda
Download berkas