Penulis / NIM
MARYAM K BOUTA / 151410124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Maryam K. Bouta. 2014. Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Tunggal di kelas III SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. PembimbingI :Dra. Hj. Evi Hasim., M.Pd,PembimbingII :Wiwy Triyanty Pulukadang,S.Pd., M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan siswa menulis kalimat tunggal di kelas III SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo?Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Tunggal di kelas III SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis kalimat tunggal di kelas III SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo secara umum ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam melakukan pilihan kata, kemampuan siswa dalam menyusun struktur kalimat yang baik serta kemampuan siswa dalam menulis kalimat tunggal. Kemampuan siswa dalam menulis kalimat tunggal mengalami peningkatan setelah mendapatkan bimbingan guru secara intensif.Siswa pada umumnya dapat menulis kalimat tunggal sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bahwa guru perlu memberikan latihan kepada siswa secara intensif dalam membuat kalimat tunggal sehingga siswa dapat menulis kalimat tunggal sesuai dengan yang diharapkan.Kosa kata siswa perlu dikembangkan secara intensif sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat tunggal.
Kata Kunci: Kemampuan, Kalimat Tunggal
Download berkas