Penulis / NIM
SARLIN SALEH / 151410125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Sarlin Saleh. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 2
Tapa Kabupaten Bone Bolango.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd,
M.Pd dan Pembimbing II. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode demonstrasi pada
pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango ?". Tujuan penelitian ini
adalah Mendeskripsikan Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 2
Tapa Kabupaten Bone Bulango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif yang menjadi subyek penelitian adalah Guru wali kelas V SDN 2 Tapa Kabupaten Bone
Bolango. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Guru kelas V SDN 2 Tapa dalam
kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode demonstrasi dari 16 aspek yang diamati
yang nampak hanya 8 aspek langkah-langkah metode demonstrasi yang dilaksanakan. Adapun
kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di
Kelas V SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bulango tergolong kurang baik, karena Guru Kelas V dalam
menerapkan metode demonstrasi tidak sesuai dengan langkah-langkah demonstrasi dan tidak pula
memiliki buku pedoman model-model pembelajaran terutama buku pedoman metode demonstrasi.
Sehingga pada saat pembelajaran Guru Kelas V dalam menggunakan metode demonstrasi hanya
sesuai dengan caranya sendiri tanpa menggunakan buku pedoman metode demonstrasi.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pada Pembelajaran IPA
Download berkas