SKRIPSI

Penulis / NIM
SAMSIA RAFAULU / 151410129
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Samsia, Rafaulu. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Perjuangan Menuju Kemerdekaan Melalui Media Visual Yang Diproyeksikan Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag. M.A. Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa pada materi perjuangan menuju kemerdekaan pada pembelajaran IPS di kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo kurang memuaskan karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui media visual yang diproyeksikan tentang materi perjuangan menuju kemerdekaan pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 orang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran materi perjuangan menuju kemerdekaan melalui visual yang diproyeksikan dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media visual yang diproyeksikan ketuntasan yang diperoleh hanya berjumlah 9 orang atau sebesar 40.90%, pada siklus I meningkat menjadi 16 orang atau sebesar 72.72% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 21 orang atau ketuntasan sebesar 94.45%. Dengan demikian bahwa pemahaman siswa pada materi perjuangan menuju kemerdekaan melalui media visual yang diproyeksikan dapat meningkat dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Media Visual yang Diproyeksikan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011