Penulis / NIM
DEWANTI MUSA / 151410134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Dewanti musa. Nim 151 410 134. Kemampuan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas III SDN 10 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Hj. Hakop Walangadi M.Si dan Pembimbing II Nurhayati Tine S.Pd. I. M. H. I
Masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Kemampuan Guru Dalam Megelola Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS, 2. Apa Saja Yang Menjadi Kendala Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS, 3. Bagaimana Solusi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS.1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran IPS, 2. untuk mengetahui kendala guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran IPS, 3. mendeskripsikan solusi yang ditempuh guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang kualitatif yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 10 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo hasil penelitian berdasarkan wawancara serta dokumentasi.kemampuan guru sudah seperti yang di harapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang terdapat ditemuan umum dan khusus
Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dapat membantu guru dalam mengatasi masalah dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS.
Kata kunci : kemampuan, mengelola pembelajaran
Download berkas