Penulis / NIM
SERLIN SAMSUDIN NUKU / 151410137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Serlin Samsudin Nuku. NIM 151410137. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Teknologi Komunikasi Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN I Talumelito Kecamatan Telaga Biru. Skripsi Program Studi S-I PGSD Jurusan Pendidikan Guru SD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Permasaalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “ apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation pemahaman siswa tentang materi teknologi komunikasi pada pembelajaran IPS kelas IV SDN I Talumelito Kecamatan Telaga Biru dapat ditingkatkan?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN I Talumelito Kecamatan Telaga Biru dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran kooperatif group investigation.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan keadaan atau fenomena yang terjadi dengan fokus permasalahan yang menyangkut pemahaman siswa pada materi teknologi komunikasi dengan menggunakan metode kooperatif group investigation pada siswa kelas IV SDN I Talumelito Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian dilaksanakan dalam dalam dua siklus, tiap siklus terdiri tahap awal, pelaksanaan tindakan, dan tahap refleksi.
Hasil penelitian pemahaman siswa dari 29 siswa yang ditunjukkan pada Siklus I dengan indikator mampu menginterpretasi 65%, indikator mengemukakan pendapat 72%, indikator menjawab pertanyaan 69%, dan indikator menyimpulkan 69%. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan sehingga ditindak lanjuti pada Siklus II dari jumah siswa 29 siswa ditunjukan pada siklus II dengan indikator mampu menginterpretasi 86%, indikator mengemukakan pendapat 66%, indikator menjawab pertanyaan 93%, dan indikator menyimpulkan 90%. Kegiatan siklus II merupakan kegiatan yang terakhir dan tidak perlu adanya tindakan lanjut pada siklus berikutnya, karena indicator pada penelitian telah dicapai.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Siswa Pada Materi Teknologi Komunikasi Melalui Metode Pembelajaran Group Investigation Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN I Talumelito Kecamatan Telaga Biru meningkat.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Teknologi Komunikasi, Pembelajaran Kooperatif Group Investigation
Download berkas