Penulis / NIM
ELFIRA ROSANA ABIDIN / 151410139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Elfira Rosana Abidin 2015. Kemampuan guru Dalam Mengolah Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim,S.Pd,M.Si dan Pembimbing II Meylan Saleh,S.Pd,M.Pd.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu mampukah guru dalam mengolah media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di SDN 104 Kota Utara ? Tujuan dari penelitian inin untuk menganalisis kemampuan guru dalam mengolah media pembelajaran pada pembelajaran IPA.
Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan peneletian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data adalah mengunakan hasil dari obseravasi serta dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui penilaian yang dilakukan dengan mengunakan pengamatan pada saat guru melangsungkan pembelajaran didalam kelas dengan mengunakan media pembelajaran. Maka diperoleh indikator yang pertama yaitu kemampuan guru pada tahap Perencanaan dalam mengolah media pembelajaran dengan perolehan presentase 73,75% dan pada indikator kedua yaitu kemampuan guru pada tahap pemanfaatan dalam mengolah media pembelajaran denga perolehan presentase cukup mampu 54,17%, dan pada indikator ketiga yaitu kempuan guru pada tahap pengoeganisasian delam mengolah media pembelajaran dengan presentase 50% dan indikator keempat yaitu kemampuan guru pada tahap perawatan dalam mengolah media pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengolah media pembelajaran IPA di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo yang diukur berada pada kategori mampu dengan jumlah rekapitulasi akhir 66,5%.
Kata kunci : Kemampuan, Mengolah, Media.
Download berkas