Penulis / NIM
						SUWARNI JUNAIDI / 151410141
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
						Pembimbing 2 / NIDN
						WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
						Abstrak
						ABSTRAK
		 
Suwarni Junaidi. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbalas Patun Model Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 1 Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo ”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd. dan Pembimbing II Wiwy T Pulukadang,S.Pd, M.Pd. 
	
Permasalahan dalam penelitian ini  adalah “ Apakah dengan menggunakan metode Think Pair Share? Dapat meningkatkan kemampuan berbalas pantun siswa ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berbalas pantun
Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa  berbalas pantun , Kecamatan Mootilango Kabupaten  Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang  siswa yang dikenakan tindakan, 17 orang atau 53% pada siklus I memiliki kemampuan berbalas pantun. Prosentase ini meningkat pada  siklus II. Dari 32 orang siswa dikenakan tindakan, 23 orang siswa atau 72 % memiliki kemampuan berbalas pantun
Dengan demikian dapat simpulkan bahwa motede Think Pair Share (TPS) meningkatkan kemampuan berbalas pantun pada siswa kelas IV SDN 1 Helumo kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), Pantun
						Download berkas