Penulis / NIM
FEBRIYANTI KAI / 151410142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Febriyanti Kai. 2016. Meningkatkan Keterampilan Menggambar Dekoratif Melalui Metode Kontekstual dalam Pembelajaran SBK Pada Siswa Kelas V SDN 1 Mootilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui Meningkatkan Keterampilan Menggambar Dekoratif Melalui Metode Kontekstual dalam Pembelajaran SBK Pada Siswa Kelas V SDN 1 Mootilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Kemampuan belajar siswa pada kegiatan siklus I dan II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kontekstual yang dapat meningkatkan keterampilan menggambar dekoratif pada siswa Kelas V SDN 1 Mootilango. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa secara klasikal terdapat 14 orang siswa atau 70% sudah terampil. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, terjadi peningkatan keterampilan menggambar dekoratif terdapat 16 orang siswa atau 80%.
Sehingga disimpulkan bahwa "Dengan menggunakan metode kontekstual maka keterampilan menggambar dekoratif pada siswa Kelas V SDN 1 Mootilango Kabupaten Gorontalo meningkat", dengan demikian hipotesis penelitian tindakan ini dapat diterima.
Kata Kunci : Meningkatkan Keterampilan Menggambar, Metode Kontekstual
Download berkas