Penulis / NIM
INDRAWATY MOHA / 151410144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Indrawaty Moha. Nim 151410144. 2014. "Implementasi Pendekatan
Kontekstual Pada Materi Menulis Karangan Narasi di Kelas IV SDN 2
Bongomeme Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Program Studi S1 PGSD, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing 1. Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing
II. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Implementasi Pendekatan
Kontekstual Pada Materi Menulis Karangan Narasi di Kelas IV SDN 2
Bongomeme Kabupaten Gorontalo?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi pendekatan kontekstual pada materi menulis
karangan narasi di kelas IV SDN 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen
yang digunakan adalah angket, wawancara terstruktur, observasi dan
dokumentasi.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase dari ketiga teknik pengumpulan
data yaitu hasil angket memperoleh 79%, wawancara 80%, dan observasi 84%.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam
implementasi pendekatan kontekstual pada materi menulis karangan narasi
memperoleh persentase 81% dengan klasifikasi baik. Hal ini disebabkan karena
taraf yang diperoleh berada pada rentangan (76-100%).
Kata kunci : Pendekatan Kontekstual, Menulis Karangan Narasi
Download berkas