SKRIPSI

Penulis / NIM
ATRI / 151410146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Atri. 2012. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SDN Se Kecamatan Bokan Kepulauan kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiha, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta. S.Pd. M.Pd Dari permasalahan dapat dirumuskan masalah: 1) bagaimanakah pelaksanaan manajemen kurikulum dan program pengajaran, 2) bagaimanakah pelaksanaan manajemen siswa, 3) bagaimanakah pelaksanaan manajemen ketenagaan dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDN Se Kecamatan Bokan Kepulauan kabupaten Banggai Kepulauan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Implementasi manajemen kurikulum dan program pengajaran meliputi materi, pengujian, perencanaan PBM, pelaksanaan PBM, evaluasi PBM. 2) Implementasi manajemen siswa meliputi penerimaan siswa baru, kegiatan kemajuan belajar, bimbingan dan pembinaan disiplin. 3) Implementasi manajemen ketenagaan meliputi perencanaan pegawai, pengadaan pegawai, hubungan kerja, evaluasi kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum dan program pengajaran baik, manajemen siswa baik, manajemen ketenagaan cukup baik. Jadi secara keseluruhan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SDN Se Kecamatan Bokan Kepulauan kabupaten Banggai Kepulauan dikategorikan baik. Hal ini berarti bahwa konsep manajemen berbasis sekolah sesuai dengan yang diharapkan yaitu untuk memperbaiki kinerja sekolah agar dapat mencapai tujuan secara optimal, efektif dan efisien. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa implementasi MBS (manajemen berbasis sekolah) di SDN Se Kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Kepulauan meliputi: 1) manajemen kurikulum dan program pengajaran, 2) Manajemen siswa, 3) Manajemen ketenagaan berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menyarankan 1) Kepada guru untuk lebih memperdalam dan menguasai konsep manajemen berbasis sekolah serta harus berkreasi dalam meningkatkan manajemen kelas. 2) Kepada kepala sekolah untuk memiliki perencanaan dan pandangan yang luas tentang sekolah dan pendidikan, melakukan fungsinya sebagai manajer sekolah dalam meningkatkan proses belajar mengajar serta melakukan tukar pikiran dan studi banding antar sekolah untuk menyerap kiat-kiat kepemimpinan dari kepala sekolah yang lain. 3) Kepada sekolah untuk mengidentifikasi dan menata ulang pengadaan sarana prasarana sekolah, dan harus lebih mengoptimalkan bentuk operasional husemas di bidang sarana akademik agar jumlah sarana yang tersedia (alat-alat dan media pengajaran seperti komputer) sesuai kebutuhan siswa. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011