SKRIPSI

Penulis / NIM
ISMIYATI Y. IGRIS / 151410147
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Ismiyati Y. Igris, 2012 ‘‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Disiplin Melalui Pendekatan Inkulkasi Pada Mata Pelajaran PKn Kelas II SDN 2 Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo” . Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd, dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M. HI Permasalahan dalam penelitian adalah ”Apakah dengan menggunakan pendekatan Inklukasi (menanamkan) akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi disiplin kelas II di SDN 2 Ilomangga Kecamatan Tabongo?. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi disiplin melalui pendekatan Inkulkasi pada siswa kelas II SDN 2 Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo Hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas 20 orang siswa (50 %), dan diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa atau (85 %). dari 40 siswa yang dikenakan tindakan 34 siswa yang meningkat hasil belajarnya sedangkan 6 orang siswa atau 15 % yang hasil belajarnya belum mencapai standar KKM dan standar penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini menujukkan bahwa berdasarkan hasil pembahasan pada bab IV maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Inkulkasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari hasil penelitian pada siswa yang dikenakan tindakan sejumlah 40 orang siswa diperoleh nilai hasil belajar pada siklus I yang tuntas 20 orang siswa (50 %), dan nilai hasil belajar diperoleh pada sikulus II meningkat menjadi 34 orang siswa atau (85 %). Dengan demikian Pendekatan Inkulkasi (menanamkan) akan lebih efektif dan berhasil bila dilakukan dengan cara yang berkesinambungan dan akan meningkatkan hasil belajar siswa pada umumnya terutama yang berhubungan dengan pembelajaran PKn. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Pendekatan Inkulkasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011