Penulis / NIM
MARIYATI PONTO / 151410148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Mariyati Ponto. 2014. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui
Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Asparaga. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,
Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Salma
Halidu S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar dapat
meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 02
Asparaga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa
dalam menulis karangan deskripsi melalui media gambar. Alat pengambilan data yang
digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini berupa pedoman observasi dan lembar
penilaian siswa. Teknik analisis data digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif
dilakukan dengan 2 siklus pada 24 siswa.
Hasilpada observasi awal, 5 orang (2%) yang mampu menulis karangan deskripsi
dan19 orang (98%) dari 24siswa. Pada siklus1 menunjukkan bahwa siswa yang
mampu menulis karangan deskripsi menjadi 11 orang (46%) dan yang tidak
mampu 13 orang(54%).Setelah diadakan perbaikan pada siklus 2 meningkat
menjadi 22 orang (92%) yang mampu menulis karangan deskripsi serta 2 orang
(8%) yang belum mampu. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan
kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 02 Asparaga
Kabupaten Gorontalo terjadi peningkatan setelah diadakan tindakan.
Kata kunci : Menulis, karangan deskripsi, media gambar.
Download berkas