Penulis / NIM
ISNA ABDULLAH / 151410149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
ISNA ABDULLAH. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPA Di SDN 2 Tapa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim S.Pd M.Si dan pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta S.Pd,M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 2 Tapa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripskan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 2 Tapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan hasil penelitiannya yaitu, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bonebolango, membantu guru dalam menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dalam penerapannya juga menemui beberapa kendala diantaranya adalah siswa yang tidak mau untuk bekerja kelompok. Selain itu juga waktu yang digunakan untuk penerapannya model pembelajaran STAD tidak cukup, sehingga membutuhkan cara atau pendekatan tersendirioleh guru dalam mengatasi semua kendala yang dihadapi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bonebolango telah dilaksanakan tidak secara rutin oleh guru pengajar, tetapi pembelajaran dengan model ini dirasa sangat menyenangkan oleh siswa, saat penerapannya juga ditemui beberapa kendala dan hambatan, namun dapat diatasi dengan baik oleh guru pengajar. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa.
Kata kunci :penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Download berkas