Penulis / NIM
RIFKA KASAN / 151410156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Rifka Kasan. NIM. 151410156. 2014. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M. Si dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, MHi.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Apa kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran talking stick dan Bagaimana cara guru mengatasi kendala dalam menerapkan model pembelajaran talking stick".
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang Penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran talking stick dan Cara guru mengatasi kendala dalam menerapkan model pembelajaran talking stick.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu peneliti mendeskriptifkan hasil pengamatan suatu kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran talking stick membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan walaupun masih terdapat beberapa kendala dan hambatan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model ini dapat membangun keaktifan siswa karena ada suasana permainaan yang melibatkan siswa secara keseluruhan. Saat penerapannya juga ditemui beberapa kendala atau hambatan, namun dapat diatasi dengan baik oleh guru pengajar. Model pembelajaran talking stick mampu membangkitkan semangat belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick.
Download berkas