Penulis / NIM
GUSTIA ADAM / 151410157
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Gustia Adam. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Ciri-Ciri Rumah Sehat Melalui Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Di Kelas I SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A.
Hasil belajar siswa tentang ciri-ciri rumah sehat pada pembelajaran IPS di kelas I SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo, kurang memuaskan karena tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru merupakan metode pembelajaran konvensional, yang menyebabkan pembelajaran kebanyakan berpusat pada guru dan siswa cenderung lebih pasif.
Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian mengenai peningkatan hasil belajar siswa melalui media audio visual. Hal ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas I SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatkan hasil belajar siswa tentang materi ciri-ciri rumah sehat melalui media audio visual pada pembelajaran IPS di kelas I SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas I SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran tentang ciri-ciri rumah sehat melalui media audio visual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media audio visual yang tuntas pada kondisi awal sejumlah 9 orang dengan persentase ketuntasan 33.33%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 20 orang persentase 40.74%, dan pada siklus II mengalami peningkatan melebihi standar ketuntasan yaitu sejumlah 25 orang atau sebesar 92.60%.
Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa tentang materi ciri-ciri rumah sehat melalui media audio visual pada pembelajaran IPS dan siswa terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Audio Visual.
Download berkas