SKRIPSI

Penulis / NIM
WIWIN AKUBA / 151410158
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Wiwin Akuba, 2012. Meningkatkan Kemampuan Memelihara Kebersihan Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Pembiasaan (Studi Penelitian Tindakan Kelas IV di SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango). Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Abd. Haris Panai, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas IV SD 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam memelihara kebersihan lingkungan pada mata pelajaran IPA melalui metode pembiasaan. Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa kelas IV SD 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam memelihara kebersihan lingkungan pada mata pelajaran IPA dapat meningkat melalui metode pembiasaan? Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa IV SD 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango yang jumlah siswanya 25 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk dua siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya. Dari hasil kegiatan melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam tiga siklus tersebut terlihat bahwa kemampuan siswa kelas IV SD 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam memelihara kebersihan lingkungan pada mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui metode pembiasaan. Peningkatan tersebut dicapai secara bertahap yaitu; pada observasi awal kemampuan memelihara kebersihan lingkungan hanya 33,33 % atau 8 orang siswa, pada siklus I kemampuan memelihara kebersihan lingkungan mengalami peningkatan hingga mencapai 53,33 % atau 13 orang siswa, pada siklus II kemampuan memelihara kebersihan lingkungan mengalami peningkatan hingga mencapai 68 % atau 17 orang siswa, dan pada tindakan siklus III sebagai akhir dari penelitian ini meningkat menjadi 86,67 % atau 22 orang siswa. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru SD pada umumnya untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan metode pembiasaan dalam meningkatkankan kemampuan memelihara kebersihan lingkungan pada mata pelajaran IPA. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks. Kata Kunci: Kebersihan Lingkungan, Metode Pembiasaan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011